PROSEDUR
PERENCANAAN PEMASARAN
Nama Organisasi “HIKAMAPELAUT” (Himpunan keluarga
Mahasiswa dan Pelajar Lampung Utara Yogyakarta).
Ø Visi
(Arahan organisasi
di masa yang akan datang/Cita-cita yang dituju organisasi)
Menjadi wadah bagi pelajar dan
mahasiswa dari Kabupaten Lampung Utara untuk berorganisasi kepemudaan di
Yogyakarta. Serta membantu, melindungi, dan mengayomi antar mahasiswa dan pelajar
dari daerah Lampung Utara yang berada di Yogyakarta terkhususnya dan mahasiswa
Lampung pada umumnya.
Ø Misi
(Alasan keberadaan organisasi dan peranan apa yang akan di
jalankan)
Ø
Organisasi HIKAMPELAUT adalah suatu himpunan mahasiswa dan pelajar yang
berasal dari daerah Lampung Utara untuk berorganisasi yang berbasis kedaerahan
(organisasi kedaerah).
Ø
Memberikan bimbingan belajar dan pegetahuan serta wawasan kampus kepada
teman-teman asal daerah dari Lampung Utara agar bisa mengerti tentang perguruan
tinggi negeri maupun swata di daerah Yogyakarta.
Ø
Mengenalkan seni budaya dan pariwisata khas Lampung utara di Yogyakarta.
Ø
Wadah untuk menyalurkan kemampuan dan bakat bagi anggotanya.
I. TENTUKAN SASARAN PEMASARAN
(Sasaran harus terukur/kuantitatif dan spesifik, dapat dibuat
pertahun)
Ø
Masyarakat
Jogja dan umum
Ø
Mahasiswa
daerah dari seluruh Indonesia
Ø
Mahasiwa
Lampung
II. POSISIKAN ORGANISASI SENI ANDA
(Positioning
merupakan cara untuk lebih memudahkan publik untuk mengenal perusahaan anda dan
biasanya di lanjutkan dengan pembuatan simbol atau kalimat pendek).
1. Hal apa saja yang membuat karya seni
Hikampelaut berbeda dari yang lain?
Ø
Membawa pakem-pakem (idiom) tradisi terkhusus dari masyarakat Lampung
utara.
Ø
Menampilkan karya seni daerah seperti tarian tradisi dan musik tradisi.
Ø Menampilkan dan memamerkan kerajinan seperti
Sulam Usus dan Tapis khas Lampung Utara.
Ø Menjual makanan khas Lampung Utara seperti
Juadah Kering, Lapis Legit, Kak Ketan, Keripik Singkong beraneka rasa.
2.
Apakah keunikan yang Hikampelaut miliki dianggap sebagai kelebihan oleh
publik?
Ø Musik
tradisi khas Lampung Utara seperti Peting Gitar, dan ansambel
Talo Balak.
Ø Tarian
tradisi dari Lampung Utara seperti Tari Cangget dan Tari Sembah
(Sigeh Penguten).
Ø Tarian kreasi atau kontemporer yang di adopsi dari cerita rakyat atau dari
sejarah kerajaan Lampung Pepadun.
3. Siapa pesaing Hikampelaut?
(Pesaing merupakan organisasi lain yang memiliki produk atau
jasa yang sama atau
sejenis dengan Anda dan melayani publik yang sama).
Ø IKPMD (Ikatan Keluarga Mahasiswa Daerah) yang
berada di Yogykarta.
Ø IKPM Se-Lampung (Ikatan Keluarga Pelajar
Mahasiswa Lampung Yogyakarta).
4. Sebutkan beberapa
kekuatan dan kelemahan karya seni anda dibandingkan dengan
pesaing? (kekuatan dibandingkan terhadap pesaing yang sudah ada).
Strengths: Kekuatan adalah faktor/kondisi positif yang berasal dari dalam
organisasi yang memungkinkan organisasi tersebut dapat terus tumbuh,
berkembang, atau mencapai kondisi yang lebih baik.
Kekuatan
|
Kelemahan
|
-
Mempertunjukan karya seni tari tradisi dan kontemporer.
-
Pameran karya seni kerajinan khas Lampung Utara.
-
Menjual makanan khas Lampung Utara.
|
-
Kurangnya
Sumber daya manusia.
-
Kurangnya
Alat musik tradisonal.
- Dana yang
tidak didukung Pemerintah.
|
5. Daftarkan kebutuhan yang ada atau sedang berkembang yang anda akan
tangani) dan bagaimana anda akan meresponnya?
Ø Menghadapi Festival Tari Nusantara, memperketat dan
menambah jam latihan untuk penari dan pemusik serta membuat inovasi dan kreasi
yang unik di dalam gerak tari maupun nada irama musik yang akan di tampilkan,
tetapi tetap tidak lepas dari idom-idom tradisi Lampung Utara.
6. Tuliskan positioning organisasi Anda.
(Kalimat singkat
yang menggambarkan keunikan organisasi Anda dan bagaimana organisasi Anda ingin dilihat publik).
v
Hikampelaut bersatu
tak bisa dikalahkan.
III. LAKUKAN AUDIT PEMASARAN
(Audit pemasaran
dilakukan untuk mengetahui kondisi organisasi kita secara lebih jelas lagi dan
audit ini dilakukan secara periodik atau sebelum melakukan perencanaan
pemasaran).
1. Apa produk Anda?
(Pengertian produk adalah segala sesuatu yang
ditawarkan organisasi kepada publik, baik yang berbentuk barang ataupun
jasa).
·
Penampilan Tari dan musik
baik moderen maupun klasik (tradisi).
·
Makanan khas daerah Lampung
Utara seperti Juadah kering, keripik singkong aneka rasa, Lapis Legis, Kak
Ketan.
·
Kerajinan tangan seperti
Sulam Usus dan Kain Tapis.
2. Publik
(Pengertian publik adalah semua pihak
yang dituju untuk menyaksikan /membeli karya seni, istilah publik biasa disebut
dengan konsumen dalam dunia usaha).
PUBLIK
|
MANFAAT YANG DITAWARKAN
|
KETERANGAN
|
1. Pemerintah Daerah Lampung
Utara
|
Menampilkan pertunjukan tari
dan musik tradisional, makanan, dan kerajinan khas Lampung Utara di
Yogyakarta.
|
Ajang silaturahmi, dan mengenalakan
pertunjukan khas Lampung Utara (Hiburan)
|
2. Instansi Pemerintah
Yogyakarta
|
Memberikan
pentasan tari maupun musik pada saat ada pertemuan ataupun rapat/seminar yang
diadakan
pemkot Jogja.
|
Pentasan Hiburan
|
3. Masyarakat Umum
|
- Menampilkan pertunjukan
tari dan musik.
- Menjual produk makanan
khas Lampung Utara seperti keripik pisang, lapis legit, dan kak ketan.
- Menjual kerajinan tangan
seperti Kain Tapis dan Sulam Usus.
|
Pameran dan Hiburan
|
3. Harga
Berapa harga yang akan anda tetapkan?
Produk
|
Jenis
|
Harga
|
1.
Pertunjukan
|
- Tari
Tradisi
- Tari Kreasi
(Kontemporer)
- Musik Tradisi
- Musik
Kreasi (Kontemporer)
|
Rp.
600.000,.
Rp. 6.000.000,.
Rp. 500.000,.
Rp. 3.000.000,.
|
2. Kerajinan Tangan
|
- Sulam Usus
- Kain Tapis
|
Rp. 100.000,. s.d
Rp. 1.000.000,.
Rp. 1.000.000,. s.d 15. 000.000,.
|
3. Makanan Khas Lampung Utara
|
- Keripik Singkong
- Juadah Kering
- Lapis Legit
- Kak Ketan
|
Rp. 5000,. s.d
Rp. 20000,.
Rp. 50.000,.
Rp. 300.000,.
Rp. 300.000,.
|
Bila ada variasi
harga, apakah Anda memiliki kategori pembagian publik untuk
menentukan harga yang
tepat?
Ø Tidak ada, karena
dalam ADRT kami menggunakan hukum lawan, hukum ini menyatakan bahwa “Jika anda ingin menduduki tempat kedua,
strategi anda ditentukan oleh kapasitas kekuatan”. Dan kekuatan kami adalah
menentukan harga dibawah dari organisasi yang lain.
Dapatkah sebagian
dari publik Anda membayar lebih?
Ø Kadang-kadang,
tergantung dari konsumennya kalau kalangan pemerintahan biasanya lebih.
4. Place/distribusi
(Distribusi adalah
dimana saja konsumen dapat mendapatkan tiket pertunjukan/menemukan karya seni
anda)
Ø Lokasi yang dapat didatangi konsumen.
Ø Kesekertariatan, Perum Jangkang blok C No. 60 Kec. Gamping, Kab. Sleman,, Desa Nogotirto, Godean Km 5 Yogyakarta 55292.
Ø Handphone Bagian Humas Saudara Achmad Abdul Aziz, 085841089802
Ø
Apakah konsumen yang mendatangi anda atau sebaliknya?
ü
Konsumen menghubungi kami melalui facebook, dan
menelpon.
ü
Kami menawarkan karya kepada instansi pemerintahan
Yogyakarta, dan beberapa komunitas seni yang ada di Jogja, dan
ü
IKPMD (Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah) seluruh
Indonesia yang ada di Yogyakarta.
Ø
Apakah ada cara distribusi yang lain.
ü
Untuk Produk kerajinan tangan dan makanan khas Lampung
Utara kami antar ke lokasi konsumen atau kami kirim melalui Pos.
Ø
Apakah ada hambatan fisik untuk mengunjungi karya seni
anda?
ü
Tidak ada, karena dalam pertunjukan kami biasanya
menyajikan di Taman Budaya Yogyakarta atau di gedung-gedung yang mudah di akses
masyarakat, dan untuk kerjinan tangan dan makanan khas Lampura ada di lokasi
sekretariat yang mudah terjangkau karena berada di tengah lokasi Kota Jogja.
6. Produksi,
Ø Dapatkah Anda secara
efektif memenuhi permintaan pasar ?
(Apakah anda dapat memenuhi permintaan
pertunjukan/pameran sesuai dengan keinginan
pemesan – modifikasi produk).
ü
Dapat, karena pada dasarnya produksi makanan dan
kerjainan tangan, ada yang berkerja di home
industri dan ada pabriknya juga di Lampung. Karena kami meminta kirim
langsung dari Lampung. Selain itu, untuk segi pertunjukan kami karena
perkumpulan mahasiswa yang selalu berkaya di dalam seni, maka kami siap
memenuhi permintaan pasar. Karena kami organisasi kedaerahan yang selalu
regenerasi pengurus jadi organisasi kami tidak “mati”.
Ø
Bagaimana menyesuaikan kemampuan Anda dengan
permintaan yang ada?
ü
Kami selalu menyesuaikan dengan permintaan pasar,
karena kami mengikuti dan selalu memenuhi kebutuhan dari konsumen kami. Permintaan
konsumen yang saat ini meliputi tari tradisional khas Lampura dan kontemporer
serta musik etnis Lampura yang selalu diminta. Selain dari pada itu, kerjainan
tangan dan makanan hanya di beli di saat kami pameran dan terkadang konsumen
kami memesan melalu pesan singkat (sms) atau telpon.
6. Promosi
Apa saja teknik promosi yang telah anda gunakan ?
Teknik
|
Efektif
|
Tidak efektif
|
Keterangan
|
|
Efektif
Efektif
Efektif
|
Radio Prambos (2008), Kedaulatan Rakyat(2007).
Jogja TV (2009)
Disebarkan di Hotel, Kampus, Asrama mahasiswa daerah,
instansi pemerintahan Jogja dan Pemda Lampung Utara.
|
7. Setelah melalui
tahap 1 – 6, apakah ada informasi tambahan lainnya yang ingin dicapai? Tuliskan
dengan lebih spesifik.
ü
Ada, kami ingin di dalam organisasi kedaerahan kami,
kami ingin membuka devisi baru yaitu pembuatan Sulum Usus sendiri dan menjadikan
pendapatan baru kami. Selain itu kami juga ingin memproduksi pembikin vidio
musik tradisi yang nanti sebagai tambahan penjualan kami kelak.
8. Jika dirasa perlu
adanya penyesuaian, tuliskan problem-problem khusus yang membutuhkan perhatian.
ü
Perlu melakukan
analisis situasi. Analisis yang dilakukan dalam tahap ini adalah
analisis SWOT. Analisis ini mencakup peluang dan masalah yang ditimbulkan oleh
tren dan situasi pembeli, pesaing, biaya dan regulasi.
ü
Perlu menetapkan
tujuan/sasaran. Tujuan dirumuskan secara spesifik dan mengidentifikasi
tingkat kinerja yang diharapkan untuk dicapai organisasi pada waktu tertentu di masa datang.
ü
Perlu menyusun
strategi dan program. Berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan, kemudian
pengambil keputusan merancang strategi (tindakan jangka panjang untuk mencapai
tujuan) dan program (tindikan jangka pendek spesifik untuk mengimplementasikan
strategi).
ü
Perlu melakukan
koordinasi dan pengendalian. Rencana yang komprehensip sering kali meliputi
berbagai strategi dan program. Maka dari itu, dibutuhkan mekanisme khusus untuk
memastikan bahwa strategi dan program tersebut diterapkan secara efektif.
IV. KEMBANGKAN RENCANA PEMASARAN
(Rencana pemasaran dilakukan untuk lebih
merinci segala tindakan yang akan dilakukan dan telah disesuaikan dengan
kondisi eksternal dan kekuatan internal perusahaan. Penetapan sasaran pemasaran
harus spesifik, dapat diukur, dapat tercapai, realistis, dan ada batas waktu
yang jelas).
Sasaran Action
Ø Sasaran action yaitu target yang tergerak dalam mensegmentasi pasar Terkait langsung dengan dana.
Apabila khalayak yang disasar terlalu luas dilihat dari skala geografis, demografi, dan psikografinya, maka dana organisasi akan terpecah
belah dikarenakan tidak terfokusnya khalayak yang dituju, sasaran action dalam
organisasi ini meliputi :
1. Efektivitas pesan.
2. Penjadwalan kegiatan.
3. Tercapainya tujuan
4. Kemudahan evaluasi aktivitas
komunikasi. Saat aktivitas komunikasi sulit untuk dievaluasi tolak ukur tingkat
keberhasilannya, maka keberhasilan/ ketidak berhasilan menjadi ambigu.
Sasaran Image/Citra
Memberikan
kesan terhadap konsumen dalam bentuk pertunjukan. Kerajinan tangan dan makanan
khas Lampura sebagai kesan itu dikemas dalam event yang disatukan di dalam tempat/gedung
dengan mengajak konsumen belanja sambil menikmati pertunjukan seni.
Elemen Pemasaran:
1. Produk
Ø Tari tradisional dan kreasi (kontemporer).
Ø Musik tradisinol dan kreas (kontemporer).
Ø Sulam Usus dan Kain Tapis.
Ø Keripik Singkong aneka rasa, Lapis Legit, Kak Ketan, Juadah Kering.
2.
Publik
Publik adalah sekelompok orang (atau satu orang) yang jelas, yang
menjalin atau harus menjalin hubungan istimewa dengan perusahaan. Dalam
definisi sederhana, publik juga bisa diartikan sebagai banyak orang atau juga
umum. Seperti makna dari ruang publik, konsumsi publik, dan lain sebagainya.
Publik Utama
|
Manfaat
|
Pengambil Keputusan
|
Keterangan
|
1. Mahasiswa daerah yang ada di
Jogja.
2. Masyarakat Umum Jogja.
|
Edukasi dan Hiburan
Hiburan
|
Ketua Panitia
Ketua Panitia
|
Event pelantikan Pengurus
Harian Hikampelaut
Pentas Seni Tahunan
Hikampelaut
|
3. Harga
Harga merupakan salah satu
bagian yang sangat penting dalam pemasaran suatu produk karena harga adalah
satu dari empat bauran pemasaran / marketing mix (4P = product, price, place,
promotion / produk, harga, distribusi, promosi). Harga adalah suatu nilai tukar
dari produk barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter.
Harga merupakan salah satu
penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar
keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa
barang maupun jasa. Menetapkan harga terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan
akan menurun, namun jika harga terlalu rendah akan mengurangi keuntungan yang
dapat diperoleh organisasi perusahaan.
Tujuan Penetapan Harga yaitu 1).
Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan menetapkan harga yang kompetitif
maka perusahaan akan mendulang untung yang optimal; 2). Mempertahankan
perusahaan dari marjin keuntungan yang didapat perusahaan akan digunakan untuk
biaya operasional perusahaan. Contoh : untuk gaji/upah karyawan, untuk bayar
tagihan listrik, tagihan air bawah tanah, pembelian bahan baku, biaya transportasi,
dan lain sebagainya; 3). Menggapai ROI
(Return on Investment) perusahaan pasti menginginkan balik modal dari investasi
yang ditanam pada perusahaan sehingga penetapan harga yang tepat akan
mempercepat tercapainya modal kembali / roi; 4). Menguasai Pangsa Pasar dengan
menetapkan harga rendah dibandingkan produk pesaing, dapat mengalihkan
perhatian konsumen dari produk kompetitor yang ada di pasaran; 5).
Mempertahankan status quo ketika perusahaan memiliki pasar tersendiri, maka
perlu adanya pengaturan harga yang tepat agar dapat tetap mempertahankan pangsa
pasar yang ada.
Harga merupakan satu-satunya unsur
bauran pemasaran yang mendatangkan pemasukan
bagi organisasi. Selain itu, harga juga berperan sebagai aspek yang paling visible bagi para konsumen.
Maka dari itu, kami menyesuaikan penetapan harga di bawah dari organisasi lain
sesuai dengan pertimbangan matang atas sejumlah faktor, seperti elastisitas harga permintaan dan persaingan.
Kami juga selalu menerapkan hukum dagang Islam dengan mengambil untung
10% dari modal pembelian produk untuk barang kerajinan tangan dan makanan khas
Lampura. Akan tetapi, untuk pesenan pertunjukan kami menyediakan harga yang
sesuai dengan pasaran pementasan di Jogya.
4. Place/ jalur distribusi
Dimana saja lokasi
penempatan karya seni/penjualan tiket?
Ø
Taman Budaya Yogyakarta
Ø
Sekertariat HIKAMPELAUT
Ø
Asrama Mahasiswa Lampung Yogyakarta (HIPMALA)
5. Promosi
adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan
tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya
promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Teknik promosi yang akan kami gunakan?
Ø
Melalui media Elektronik seperti TV, Radio.
Ø
Melalui media Jejaring Sosial (Facebook, Twitter,
dll).
Ø Melalui email ke teman dan kenalan serta
pengunjung.
Ø Melalui media Cetak seperti Koran yang telah kami
lakukan.
Ø Melalui
SMS ke teman-teman.
Ø Melalui
pembicaraan.
Ø Melalui
iklan.
Apa tujuan untuk melakukan promosi :
Ø Menyebarkan informasi produk kami kepada target pasar potensial.
Ø Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba.
Ø Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan.
Ø Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar.
Ø Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing.
Ø Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
6. Setelah melalui
tahap 1 – 6, apakah ada informasi tambahan yang ingin dicapai?
Tuliskan
dengan lebih spesifik.
Ø
Perlu mengetahui tentang perubahan-perubahan situasi
yang terjadi seiring dengan perkembangan tahap demi tahap Siklus Hidup Produk
antara lain :
·
Analisis Pasar.
ü
Konsumen semakin canggih dan sangat memahami kategori
produk dan alternatif-alternatif yang tersedia.
ü
Penyewaan ulang berkembang dan penyewaan pertama kali
berkurang.
·
Analisis persaingan
ü
Innovator menstimulasi
permintaan primer
ü
Early follower kemungkinan akan
meniru atau bahkan membuat produk jasa yang lebih unggul
·
Pengukuran pasar
ü
Gap permintaan primer menurun
ü
Tingkat pertumbuhan industri menurun
ü
Perbedaan dalam penetrasi pasar geografis meningkat
pesat
·
Profitabilitas/produktivitas
ü
Biyaya pemasaran meningkat tajam, kemudian cenderung
stabil
ü
Biyaya produksi menurun seiring dengan bertambahnya
pengalaman
ü
Respons permintaan selektif terhadap harga dan
kualitas meningkat
ü
Respons permintaan selektif terhadap iklan dan
distribusi menurun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar