Selasa, 29 April 2014

PROSEDUR PERENCANAAN PEMASARAN

PROSEDUR PERENCANAAN PEMASARAN

Nama Organisasi HIKAMAPELAUT” (Himpunan keluarga Mahasiswa dan Pelajar Lampung Utara Yogyakarta).

Ø Visi
(Arahan organisasi di masa yang akan datang/Cita-cita yang dituju organisasi)
                                  
            Menjadi wadah bagi pelajar dan mahasiswa dari Kabupaten Lampung Utara untuk berorganisasi kepemudaan di Yogyakarta. Serta membantu, melindungi, dan mengayomi antar mahasiswa dan pelajar dari daerah Lampung Utara yang berada di Yogyakarta terkhususnya dan mahasiswa Lampung pada umumnya.

Ø Misi
(Alasan keberadaan organisasi dan peranan apa yang akan di jalankan)

Ø  Organisasi HIKAMPELAUT adalah suatu himpunan mahasiswa dan pelajar yang berasal dari daerah Lampung Utara untuk berorganisasi yang berbasis kedaerahan (organisasi kedaerah).
Ø  Memberikan bimbingan belajar dan pegetahuan serta wawasan kampus kepada teman-teman asal daerah dari Lampung Utara agar bisa mengerti tentang perguruan tinggi negeri maupun swata di daerah Yogyakarta.
Ø  Mengenalkan seni budaya dan pariwisata khas Lampung utara di Yogyakarta.
Ø  Wadah untuk menyalurkan kemampuan dan bakat bagi anggotanya.

I. TENTUKAN SASARAN PEMASARAN
   (Sasaran harus terukur/kuantitatif dan spesifik, dapat dibuat pertahun)

Ø  Masyarakat Jogja dan umum
Ø  Mahasiswa daerah dari seluruh Indonesia
Ø  Mahasiwa Lampung

II. POSISIKAN ORGANISASI SENI ANDA
     (Positioning merupakan cara untuk lebih memudahkan publik untuk mengenal perusahaan anda dan biasanya di lanjutkan dengan pembuatan simbol atau kalimat pendek).

1. Hal apa saja yang membuat karya seni Hikampelaut berbeda dari yang lain?
Ø  Membawa pakem-pakem (idiom) tradisi terkhusus dari masyarakat Lampung utara.
Ø  Menampilkan karya seni daerah seperti tarian tradisi dan musik tradisi.
Ø  Menampilkan dan memamerkan kerajinan seperti Sulam Usus dan Tapis khas Lampung Utara.
Ø  Menjual makanan khas Lampung Utara seperti Juadah Kering, Lapis Legit, Kak Ketan, Keripik Singkong beraneka rasa.
2. Apakah keunikan yang Hikampelaut miliki dianggap sebagai kelebihan oleh publik?
Ø  Musik tradisi khas Lampung Utara seperti Peting Gitar, dan ansambel Talo Balak.
Ø  Tarian tradisi dari Lampung Utara seperti Tari Cangget dan Tari Sembah (Sigeh Penguten).
Ø  Tarian kreasi atau kontemporer yang di adopsi dari cerita rakyat atau dari sejarah kerajaan Lampung Pepadun.

3. Siapa pesaing Hikampelaut?
     (Pesaing merupakan organisasi lain yang memiliki produk atau jasa yang sama atau sejenis dengan Anda dan melayani publik yang sama).
Ø IKPMD (Ikatan Keluarga Mahasiswa Daerah) yang berada di Yogykarta.
Ø IKPM Se-Lampung (Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Lampung Yogyakarta).

4. Sebutkan beberapa kekuatan dan kelemahan karya seni anda dibandingkan dengan pesaing? (kekuatan dibandingkan terhadap pesaing yang sudah ada).
            Strengths: Kekuatan adalah faktor/kondisi positif yang berasal dari dalam organisasi yang memungkinkan organisasi tersebut dapat terus tumbuh, berkembang, atau mencapai kondisi yang lebih baik.

Kekuatan
Kelemahan
-      Mempertunjukan karya seni tari tradisi dan kontemporer.
-      Pameran karya seni kerajinan khas Lampung Utara.
-      Menjual makanan khas Lampung Utara.

-       Kurangnya Sumber daya manusia.
-       Kurangnya Alat musik tradisonal.
- Dana yang tidak didukung Pemerintah.

5. Daftarkan kebutuhan yang ada atau sedang berkembang yang anda akan tangani) dan bagaimana anda akan meresponnya?
Ø Menghadapi Festival Tari Nusantara, memperketat dan menambah jam latihan untuk penari dan pemusik serta membuat inovasi dan kreasi yang unik di dalam gerak tari maupun nada irama musik yang akan di tampilkan, tetapi tetap tidak lepas dari idom-idom tradisi Lampung Utara.

6.    Tuliskan positioning organisasi Anda.
(Kalimat singkat yang menggambarkan keunikan organisasi Anda dan bagaimana  organisasi Anda ingin dilihat publik).
v  Hikampelaut bersatu tak bisa dikalahkan.



III. LAKUKAN AUDIT PEMASARAN
(Audit pemasaran dilakukan untuk mengetahui kondisi organisasi kita secara lebih jelas lagi dan audit ini dilakukan secara periodik atau sebelum melakukan perencanaan pemasaran).

1.    Apa produk Anda?
(Pengertian produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan organisasi kepada publik, baik yang berbentuk barang ataupun jasa).
·         Penampilan Tari dan musik baik moderen maupun  klasik (tradisi).
·         Makanan khas daerah Lampung Utara seperti Juadah kering, keripik singkong aneka rasa, Lapis Legis, Kak Ketan.
·         Kerajinan tangan seperti Sulam Usus dan Kain Tapis.
2.    Publik
     (Pengertian publik adalah semua pihak yang dituju untuk menyaksikan /membeli karya seni, istilah publik biasa disebut dengan konsumen dalam dunia usaha).

PUBLIK
MANFAAT YANG DITAWARKAN
KETERANGAN
1. Pemerintah Daerah Lampung Utara
Menampilkan pertunjukan tari dan musik tradisional, makanan, dan kerajinan khas Lampung Utara di Yogyakarta.
Ajang silaturahmi, dan mengenalakan pertunjukan khas Lampung Utara (Hiburan)
2. Instansi Pemerintah Yogyakarta
Memberikan pentasan tari maupun musik pada saat ada pertemuan ataupun rapat/seminar yang diadakan
pemkot Jogja.



Pentasan Hiburan



3. Masyarakat Umum
- Menampilkan pertunjukan tari dan musik.
- Menjual produk makanan khas Lampung Utara seperti keripik pisang, lapis legit, dan kak ketan.
- Menjual kerajinan tangan seperti Kain Tapis dan Sulam Usus.



Pameran dan Hiburan
3. Harga
Berapa harga yang akan anda tetapkan?
Produk
Jenis
Harga
1. Pertunjukan
- Tari Tradisi
- Tari Kreasi      (Kontemporer)
- Musik Tradisi
- Musik Kreasi (Kontemporer)
Rp. 600.000,.
Rp. 6.000.000,.

Rp. 500.000,.
Rp. 3.000.000,.
2. Kerajinan Tangan
- Sulam Usus

- Kain Tapis
Rp. 100.000,. s.d
Rp. 1.000.000,.
Rp. 1.000.000,. s.d 15. 000.000,.
3. Makanan Khas Lampung Utara
- Keripik Singkong

- Juadah Kering
- Lapis Legit
- Kak Ketan
Rp. 5000,. s.d
Rp. 20000,.
Rp. 50.000,.
Rp. 300.000,.
Rp. 300.000,.

Bila ada variasi harga, apakah Anda memiliki kategori pembagian publik untuk
menentukan harga yang tepat?
Ø Tidak ada, karena dalam ADRT kami menggunakan hukum lawan, hukum ini menyatakan bahwa “Jika anda ingin menduduki tempat kedua, strategi anda ditentukan oleh kapasitas kekuatan”. Dan kekuatan kami adalah menentukan harga dibawah dari organisasi yang lain.

Dapatkah sebagian dari publik Anda membayar lebih?
Ø Kadang-kadang, tergantung dari konsumennya kalau kalangan pemerintahan biasanya lebih.

4. Place/distribusi
    (Distribusi adalah dimana saja konsumen dapat mendapatkan tiket pertunjukan/menemukan karya seni anda)

Ø  Lokasi yang dapat didatangi konsumen.
Ø  Kesekertariatan, Perum Jangkang blok C No. 60 Kec. Gamping, Kab. Sleman,, Desa Nogotirto, Godean Km 5 Yogyakarta 55292.
Ø  Handphone Bagian Humas Saudara Achmad Abdul Aziz, 085841089802


Ø  Apakah konsumen yang mendatangi anda atau sebaliknya?
ü  Konsumen menghubungi kami melalui facebook, dan menelpon.
ü  Kami menawarkan karya kepada instansi pemerintahan Yogyakarta, dan beberapa komunitas seni yang ada di Jogja, dan
ü  IKPMD (Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah) seluruh Indonesia yang ada di Yogyakarta.

Ø  Apakah ada cara distribusi yang lain.
ü  Untuk Produk kerajinan tangan dan makanan khas Lampung Utara kami antar ke lokasi konsumen atau kami kirim melalui Pos.

Ø  Apakah ada hambatan fisik untuk mengunjungi karya seni anda?
ü  Tidak ada, karena dalam pertunjukan kami biasanya menyajikan di Taman Budaya Yogyakarta atau di gedung-gedung yang mudah di akses masyarakat, dan untuk kerjinan tangan dan makanan khas Lampura ada di lokasi sekretariat yang mudah terjangkau karena berada di tengah lokasi Kota Jogja.

6. Produksi,
Ø  Dapatkah Anda secara efektif memenuhi permintaan pasar ?
     (Apakah anda dapat memenuhi permintaan pertunjukan/pameran sesuai dengan keinginan pemesan – modifikasi produk).
ü  Dapat, karena pada dasarnya produksi makanan dan kerjainan tangan, ada yang berkerja di home industri dan ada pabriknya juga di Lampung. Karena kami meminta kirim langsung dari Lampung. Selain itu, untuk segi pertunjukan kami karena perkumpulan mahasiswa yang selalu berkaya di dalam seni, maka kami siap memenuhi permintaan pasar. Karena kami organisasi kedaerahan yang selalu regenerasi pengurus jadi organisasi kami tidak “mati”.

Ø  Bagaimana menyesuaikan kemampuan Anda dengan permintaan yang ada?
ü  Kami selalu menyesuaikan dengan permintaan pasar, karena kami mengikuti dan selalu memenuhi kebutuhan dari konsumen kami. Permintaan konsumen yang saat ini meliputi tari tradisional khas Lampura dan kontemporer serta musik etnis Lampura yang selalu diminta. Selain dari pada itu, kerjainan tangan dan makanan hanya di beli di saat kami pameran dan terkadang konsumen kami memesan melalu pesan singkat (sms) atau telpon.


6. Promosi
Apa saja teknik promosi yang telah anda gunakan ?
Teknik
Efektif
Tidak efektif
Keterangan
  1.  Media Cetak




  1. Media Elektronik



  1. Pamflet/Brosur
Efektif




Efektif



Efektif





Radio Prambos (2008), Kedaulatan Rakyat(2007).

Jogja TV (2009)


Disebarkan di Hotel, Kampus, Asrama mahasiswa daerah, instansi pemerintahan Jogja dan Pemda Lampung Utara.

7. Setelah melalui tahap 1 – 6, apakah ada informasi tambahan lainnya yang ingin dicapai? Tuliskan dengan lebih spesifik.
ü  Ada, kami ingin di dalam organisasi kedaerahan kami, kami ingin membuka devisi baru yaitu pembuatan Sulum Usus sendiri dan menjadikan pendapatan baru kami. Selain itu kami juga ingin memproduksi pembikin vidio musik tradisi yang nanti sebagai tambahan penjualan kami kelak.

8. Jika dirasa perlu adanya penyesuaian, tuliskan problem-problem khusus yang membutuhkan perhatian.
ü  Perlu melakukan analisis situasi. Analisis yang dilakukan dalam tahap ini adalah analisis SWOT. Analisis ini mencakup peluang dan masalah yang ditimbulkan oleh tren dan situasi pembeli, pesaing, biaya dan regulasi.
ü  Perlu menetapkan tujuan/sasaran. Tujuan dirumuskan secara spesifik dan mengidentifikasi tingkat kinerja yang diharapkan untuk dicapai organisasi pada waktu tertentu di masa datang.
ü  Perlu menyusun strategi dan program. Berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan, kemudian pengambil keputusan merancang strategi (tindakan jangka panjang untuk mencapai tujuan) dan program (tindikan jangka pendek spesifik untuk mengimplementasikan strategi).
ü  Perlu melakukan koordinasi dan pengendalian. Rencana yang komprehensip sering kali meliputi berbagai strategi dan program. Maka dari itu, dibutuhkan mekanisme khusus untuk memastikan bahwa strategi dan program tersebut diterapkan secara efektif.

IV. KEMBANGKAN RENCANA PEMASARAN
     (Rencana pemasaran dilakukan untuk lebih merinci segala tindakan yang akan dilakukan dan telah disesuaikan dengan kondisi eksternal dan kekuatan internal perusahaan. Penetapan sasaran pemasaran harus spesifik, dapat diukur, dapat tercapai, realistis, dan ada batas waktu yang jelas).

Sasaran Action
Ø  Sasaran action yaitu target yang tergerak dalam mensegmentasi pasar Terkait langsung dengan dana. Apabila khalayak yang disasar terlalu luas dilihat dari skala geografis, demografi, dan psikografinya, maka dana organisasi akan terpecah belah dikarenakan tidak terfokusnya khalayak yang dituju, sasaran action dalam organisasi ini meliputi :
1.    Efektivitas pesan.
2.    Penjadwalan kegiatan.
3.    Tercapainya tujuan
4.    Kemudahan evaluasi aktivitas komunikasi. Saat aktivitas komunikasi sulit untuk dievaluasi tolak ukur tingkat keberhasilannya, maka keberhasilan/ ketidak berhasilan menjadi ambigu.
Sasaran Image/Citra
            Memberikan kesan terhadap konsumen dalam bentuk pertunjukan. Kerajinan tangan dan makanan khas Lampura sebagai kesan itu dikemas dalam event yang disatukan di dalam tempat/gedung dengan mengajak konsumen belanja sambil menikmati pertunjukan seni.

Elemen Pemasaran:
1.    Produk
Ø  Tari tradisional dan kreasi (kontemporer).
Ø  Musik tradisinol dan kreas (kontemporer).
Ø  Sulam Usus dan Kain Tapis.
Ø  Keripik Singkong aneka rasa, Lapis Legit, Kak Ketan, Juadah Kering.

2.    Publik
Publik adalah sekelompok orang (atau satu orang) yang jelas, yang menjalin atau harus menjalin hubungan istimewa dengan perusahaan. Dalam definisi sederhana, publik juga bisa diartikan sebagai banyak orang atau juga umum. Seperti makna dari ruang publik, konsumsi publik, dan lain sebagainya.

Publik Utama
Manfaat
Pengambil Keputusan
Keterangan
1.    Mahasiswa daerah yang ada di Jogja.

2.    Masyarakat Umum Jogja.

Edukasi dan Hiburan


Hiburan

Ketua Panitia


Ketua Panitia
Event pelantikan Pengurus Harian Hikampelaut

Pentas Seni Tahunan Hikampelaut

3. Harga
Harga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran suatu produk karena harga adalah satu dari empat bauran pemasaran / marketing mix (4P = product, price, place, promotion / produk, harga, distribusi, promosi). Harga adalah suatu nilai tukar dari produk barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter.
Harga merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang maupun jasa. Menetapkan harga terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan akan menurun, namun jika harga terlalu rendah akan mengurangi keuntungan yang dapat diperoleh organisasi perusahaan.
Tujuan Penetapan Harga yaitu 1). Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan menetapkan harga yang kompetitif maka perusahaan akan mendulang untung yang optimal; 2). Mempertahankan perusahaan dari marjin keuntungan yang didapat perusahaan akan digunakan untuk biaya operasional perusahaan. Contoh : untuk gaji/upah karyawan, untuk bayar tagihan listrik, tagihan air bawah tanah, pembelian bahan baku, biaya transportasi, dan lain sebagainya;  3). Menggapai ROI (Return on Investment) perusahaan pasti menginginkan balik modal dari investasi yang ditanam pada perusahaan sehingga penetapan harga yang tepat akan mempercepat tercapainya modal kembali / roi; 4). Menguasai Pangsa Pasar dengan menetapkan harga rendah dibandingkan produk pesaing, dapat mengalihkan perhatian konsumen dari produk kompetitor yang ada di pasaran; 5). Mempertahankan status quo ketika perusahaan memiliki pasar tersendiri, maka perlu adanya pengaturan harga yang tepat agar dapat tetap mempertahankan pangsa pasar yang ada.
Harga merupakan satu-satunya unsur bauran pemasaran yang mendatangkan pemasukan  bagi organisasi. Selain itu, harga juga berperan sebagai  aspek yang paling visible bagi para konsumen. Maka dari itu, kami menyesuaikan penetapan harga di bawah dari organisasi lain sesuai dengan pertimbangan matang atas sejumlah faktor, seperti elastisitas harga permintaan dan persaingan.
Kami juga selalu menerapkan hukum dagang Islam dengan mengambil untung 10% dari modal pembelian produk untuk barang kerajinan tangan dan makanan khas Lampura. Akan tetapi, untuk pesenan pertunjukan kami menyediakan harga yang sesuai dengan pasaran pementasan di Jogya.

4. Place/ jalur distribusi
Dimana saja lokasi penempatan karya seni/penjualan tiket?
Ø  Taman Budaya Yogyakarta
Ø  Sekertariat HIKAMPELAUT
Ø  Asrama Mahasiswa Lampung Yogyakarta (HIPMALA)

5. Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
    Teknik promosi yang akan kami gunakan?
Ø  Melalui media Elektronik seperti TV, Radio.
Ø  Melalui media Jejaring Sosial (Facebook, Twitter, dll).
Ø  Melalui email ke teman dan kenalan serta pengunjung.
Ø  Melalui media Cetak seperti Koran yang telah kami lakukan.
Ø  Melalui SMS ke teman-teman.
Ø  Melalui pembicaraan.
Ø  Melalui iklan.

Apa tujuan untuk melakukan promosi :
Ø  Menyebarkan informasi produk kami kepada target pasar potensial.
Ø  Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba.
Ø  Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan.
Ø  Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar.
Ø  Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing.
Ø  Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
6. Setelah melalui tahap 1 – 6, apakah ada informasi tambahan yang ingin dicapai?
     Tuliskan dengan lebih spesifik.
Ø  Perlu mengetahui tentang perubahan-perubahan situasi yang terjadi seiring dengan perkembangan tahap demi tahap Siklus Hidup Produk antara lain :
·      Analisis Pasar.
ü  Konsumen semakin canggih dan sangat memahami kategori produk dan alternatif-alternatif yang tersedia.
ü  Penyewaan ulang berkembang dan penyewaan pertama kali berkurang.
·      Analisis persaingan
ü  Innovator menstimulasi permintaan primer
ü  Early follower kemungkinan akan meniru atau bahkan membuat produk jasa yang lebih unggul
·      Pengukuran pasar
ü  Gap permintaan primer menurun
ü  Tingkat pertumbuhan industri menurun
ü  Perbedaan dalam penetrasi pasar geografis meningkat pesat
·      Profitabilitas/produktivitas
ü  Biyaya pemasaran meningkat tajam, kemudian cenderung stabil
ü  Biyaya produksi menurun seiring dengan bertambahnya pengalaman
ü  Respons permintaan selektif terhadap harga dan kualitas meningkat
ü  Respons permintaan selektif terhadap iklan dan distribusi menurun.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar